Kamis, 13 Juni 2019

HIZIB NASHR

                 "HIZIB NASHR"
.
MANAQIB (Biografi Singkat) ABUL HASAN AL SYAZILI
.
JALUR KETURUNAN.
Beliau adalah seorang sufi yang mempunyai nama lengkap Abul Hasan Ali
bin Abdullah bin Abdul Jabar yang banyak dikenal orang dengan nama al
Syazili, beliau dilahirkan di Ghammarah Moroko pada tahun 593 H. Sebutan
Al Syazili bagi bagi dirinya karena beliau banyak menempuh kehidupannya
untuk memperdalam ilmunya di daerah SyaziLI
.
KEHIDUPAN AL SYAZILI.
Abul Hasan Al Syazili masih mempunyai hubungan keturunan dengan
Rasulullah melalui Fatimah al Zahra, dan dari keturunan yang bagus itu
sudah Nampak pada diri Al Syazili sejak usia muda sampai tua, dengan
budi pekerti yang terpuji hidup sederhana dan suci sepanjang hayatnya.
Pada awal masa kecilnya beliau sudah dibekali oleh orang tuanya
dasar-dasar agama kemudian juga mendapat bekal pendidikan dari guru
kerohaniannya yang bernama Abdul Salam bin Masyisy seorang ulama’ besar
dari Maroko. Setelah dibekali ilmu yang cukup oleh gurunya lalu beliau
dikirim oleh gurunya pergi ke Tunisia dan tinggal di Syazilia.
Abul Salam Al Masyisy, memandang ada kelebihan dan keistimewaan yang
Nampak pada diri Al Syazili, sehingga dikirimlah beliau di Tunisia untuk
mengembangkan ilmu yang telah dimiliki. Namun perintah gurunya ini tidak
diketahui alasannya, mengapa mengirim Al Syazili ke Tunisia, tapi
sebagai murid yang taat pada gurunya beliau melaksanakan perintah
gurunya yang sangat dicintainya.
Kepergian beliau ke Syazili ini merupakan awal dari pengembaraannya,
karena setelah lama, beliau tinggal di Syazilia kemudian beliau pindah
ke Mesir dan tinggal di Iskadariyah sampai meninggal dunia.
Ilmu-ilmu yang dimiliki oleh Syazili banyak diperoleh ketika beliau
tinggal di Tunisia, karena ditempat ini beliau banyak bertemu dengan
para ulama’ terkenal dan melakukan diskusi dengan ilama’-ulama’ yang
ditemui. Kedatangan beliau di Syazili ini mendapat sambutan yang luar
biasa dan setiap hari mereka selalu mengerumuni al Syazili. Untuk
menghindari kerumunan penggemarnya, maka beliau ditemani oleh Syekh Abu
Muhammad Abdullah bin Salamah al Habibi untuk mengasingkan diri di
daerah pegunungan yang bernama Zagwan. Dan di daerah ini beliau
mengkhususkan diri dengan beribadah, membersihkan jiwa, menyatukan
kehendak dan kemampuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Setelah beliau berkhalwat dari Gunung Zagwan tersebut, lalu beliau
kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk menyampaikan dakwah dan
pelajaran. Namun kembalinya al Syazili ketengah-tengah, masyarakat ini
mendapat sambutan yang luar biasa dari para sufi dan para pejabat
pemerintah. Namun dari kalangan pejabat ini beliau banyak mendapat
tantangan karena adanya fitnah dari ulama’ fiqh, namun beliau selalu
terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak dikehendaki. Setelah
mendapat tantangan dan fitnah dari ahli fiqh, akhirnya beliau memutuskan
untuk pindah ke Mesir dan menetap di Iskandariyah.
Selama tinggal di Tunisia, beliau banyak berdiskusi dan berdialog dengan
tokoh sufi, seperti Syekh Abul Hasan Ali Ibnu Makhiuf al Suazli Abu
Abdullah al Shabuni Abu Muhammad Abdul Aziz al Paituni, Abu Abdillah at
Binai at rayyah dan Abu Abdillah al Jarihi.
Disamping beliau banyak berdialog dengan para ulama’ beliau juga
mendirikan majlis pengajian yang banyak dihadiri oleh para ulama’
diantara para ulama yang hadir dalam majlis pengajiannya adalah Izzudin
bin Abdul Salam, Taqyyudin ibnu Daqiqiid, Abut Adzim al Munziri, Ibnu
Shaleh, Ibnu Hajib, Jamaluddin Usfur, Nabihuddin bin Auf, Muhyiddin bin
Suradah, Ibnu Yasin dan lain-laiN
.
KEISTIMEWAAN AL SYAZILI.
Sebagai seorang sufi ada beberapa kelebihan dan keistimewaan yang
dimiliki oleh Al Syazili, diantaranya adalah :
1.   Sebagai seorang yang mempunyai jalur keturunan dengan Rasulullah,
ada beberapa titisan warisan yang ada pada diri Al Syazili, diantaranya
kewalian. Syazili sudah Nampak dan diraskan oleh gurunya, sehingga
beliau dikirim ke Tunisia.
2.   Beliau pernah bermimpi bertemu Rasulullah dan diperintah untuk
pindah ke Mesir membina 40 orang wali yang sedang menunggu
kedatangannya. Akhirnya mimpi tersebut dilaksanakan dan beliau pindah
dari Tunisia ke Mesir dan tinggal di Iskandariyah.
.
POKOK-POKOK PIKIRAN AL SYAZILI.
Ada beberapa pokok pikiran yang dikembangkan Al Syazili, diantaranya
adalah :
1.   Seseorang yang ingin mendalami ajaran Tasawuf, maka harus terlebih
dahulu mendalami dan memahami ajaran Syari’ah.
2.   Pelajaran tasawuf Al Syazili yang diajarkan kepada murid-muridnya
diambil dari 7 kitab yang penting diantaranya adalah :
a.   Kitab Khatam al auliyah karya al Hakim al Tarmizi, kitab ini banyak
menguraikan tentang masalah kewalian (wilayat) dan kenabian (nubuwwat).
b.   Kitab al Mawaqiif Wa al Mukhatabah karya Syekh Muhammad bin Abdul
Jabbat an Niffari. Menurut pengarangnya kitab ini ditulis berkat
pemberian Tuhan tatkala pengarangnya sedang berkhalwat (menyendiri untuk
mendekatkan diri kepada Allah). Dan kitab ini juga menguraikan tentang
kerinduan seorang sufi kepada Tuhannya.
c.   Kitab Qutub Qulub karya abu thalib al Makki. Kitab ini ditulis
menurut acuan syara’ dengan uraian-uraian dan pandangan-pandangan sufi
hingga syariat dan hakikat sejalan dan bersatu.
d.  Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali. Kitab ini ditulis dengan
memadukan antara syariah dan tasawuf.
e.   Kitab At Syifa’ karya Qadhi ‘Iyadh. Kitab ini oleh al Syazili
dipergunakan untuk mengambil berkah dan juga mengambil sumber
syarah-syarah dengan melihat tasawuf dari sudut pandang ahli fiqh.
f.    Kitab Ar Risalah karya Imam Qusyairi. Kitab ini dipergunakan oleh
Al Syazili sebagai permulaan dari dalam pengajaran tasawufnya.
g.   Kitab Ar Muharrar al Wajiz. Karya Ibnu Athiah. Kitab ini diuraikan
oleh Syazili untuk melengkapi pengetahuan dalam pengajian.
3.Tasawuf adalah latihan-latihan jiwa dalam rangka beribadah dan
menempatkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Ilahi.
.
Wafatnya Al Syazili.
Beliau meninggal dunia di Iskadariyah pada tahun 656 H.
.
DOA  HIZIB  NASHR
.
Pendahuluan :
.
Sebelum membaca Hizib Nashr, hendaknya membaca bacaan berikut ini :
.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. تَحَصَّنْتُ بِذِى الْمُلْكِ وَالْمَلَكُوتِ, وَاعْتَصَمْتُ بِذِى الْعِزَّةِ
وَالْجَبَرُوتِ, وتَوَكَّلْتُ عَلَى الْمُلْكِ الْحَيِّ الْقَيُّومِ الحَلِيْمِ الَّذِى لاَ يَنَامُ وَلاَ يَمُوتُ,
دَخَلْتُ فِى حِرْزِ اللهِ, دَخَلْتُ فِى حِفظِ اللهِ, وَ دَخَلْتُ فِى أَمَانِ اللهِ, بِحَقِّ كهيعص كُفِيْتُ,
وبحمعسق حُمِيْتُ, وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ.
.
Tahash-shantu bidzil mulki walmalakuut, wa’ta-shamtu bidzil ‘izzati wal
jabaruut, watawakkaltu ‘alal malikil hayyil qayyuumil haliimil ladzii
laa yanaamu walaa yamuut, dakhaltu fii hirzillaah, dakhaltu fii
hifzhillaah, wa dakhaltu fii amaa-nillaah, bihaqqi kaaf haa yaa ‘aiin
shaad kufiitu, wabi haa miim ‘aiin siin qaaf humiitu, walaa haula walaa
quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.
.
“Dengan menyebut asma’ Allah Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.
Aku berbenteng kepada Tuhan Yang memiliki kerajaan dan kekua-saan; aku
berpegangn teguh pada Yang memiliki kemuliaan dan kekuasaan; aku
bertakawakkal kepada Sang Raja Yang Hidup Abadi lagi Terus Menerus
mengurus makhluk-Nya, Yang Maha Penyantun, Yang tak pernah tidur dan
tidak mengenal mati. Aku masuk kedalam penjagaan Allah. Aku masuk
kedalam Pemeliharaan Allah. Aku masuk kedalam Penga-manan Allah. Berkat
kebenaran kaaf haa yaa ‘aiin shaad  aku dijaga dan berkat  haa miim
‘aiin siin qaaf  akudilindungi. Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan
dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.
.
BACAAN  HIZIB  NASHR :
.
وَقَالَ مُوسَى إِنِّي عُذْتُ بِرَبِّي وَرَبِّكُمْ مِنْ كُلِّ مُتَكَبِّرٍ لاَ يُؤْمِنُ بِيَوْمِ الْحِسَابِ. اللّهُمَّ
بِسَطْوَةِ جَبَرُوتِ قَهْرِكَ, وَبِسُرْعَةِ إغَاثَةِ نَصْرِكَ, وَبِغَيْرَتِكَ  ِلانْتِهَاكِ حُرْمَاتِكَ, وَبِحِمَايَتِكَ
لِمَنِ احْتَمَى بِآيَاتِكَ, نَسْئَلُكَ يَا أللهُ يَا أللهُ يَا أللهُ يَا سَمِيْعُ   يَاقَرِيْبُ يَامُجِيْبُ
يَاسَرِيْعُ,  يَامُنْتَقِمُ يَاقَهَّارُ, يَاشَدِيْدَ الْبَطْشِ يَاجَبَّارُ, يَاعَظِيْمَ الْقَهْرِ, يَامَنْ لاَيُعْجِزُهُ
قَهْرُالجَبَابِرَةِ,  وَلاَ يَعْظُمُ عَلَيْهِ هَلاَكُ الْمُتَمَرِّدَةِ, مِنَ الْمُلُوْكِ وَاْلأَكَاسِرَةِ, وَاْلأَعْدَاءِ
الْفَاجِرَةِ,أَسْئَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كَيْدَ مَنْ كاَدَنَا فِى نَحْرِهِ, وَمَكْرَ مَنْ مَكَرَ بِنَا عَائِدًا
عَلَيْهِ, وَحُفْرَةَ مَنْ حَفَرَلَنَا  حُفْرَةً وَاقِعًا فِيْهَا, وَمَنْ  نَصَبَ لَنَا شَبَكَةَ الْخِدَاعِ, اِجْعَلْهُ
يَاسَيِّدِى مُسَاقًا إِلَيْهَا, وَمُصَادًا فِيْهَا وَأَسِيْرًا لَدَيْهَا.
.
Waqaala muusaa innii ‘udztu birabbii warab-bikum min kulli mutakabbirin
laa yukminu biyaumil hisaab. Alloohumma bisathwati jaba-ruuti qahrik,
wabisur’ati ighaa-tsati nashrik, wabighairatika lintihaaki hurumaa-tik,
wabihi-maayatika limanih-tamaa bi aayaatik, nas-aluka yaa Allooh, yaa
Allooh, yaa Allooh, yaa samii’u yaa qariibu yaa mujiibu yaa sarii’u yaa
muntaqimu yaa qahhaar, yaa syadiidal bathsyi yaa jabbaar, yaa ‘azhiimal
qahri yaa man laa yu’jizuhuu qahrul jabaabirah, walaa ya’zhumu ‘alaihi
halaakul mutamarridah, minal muluuki wal akaasirah, wal a’daa-il
faajirah. As-aluka antaj’ala kaida man kaadanaa fii nahrih, wa makra man
makara binaa ‘aa-idan ‘alaiih, wahufrata man hafara lanaa hufratan
waaqi’an fiihaa, waman nashaba lanaa syabakatal khi-dzaa’, ij’al-hu yaa
sayyidii musaaqan ilaihaa, wamushaadan fiihaa wa asiiran ladaihaa.
.
“Dan Musa berkata: "Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan
Tuhanmu dari setiap orang yang menyombongkan diri yang tidak beriman
kepada hari berhisab". (QS al-Mukmin : 27).
Yaa Allah! Ddengan perantaraan kekuatan kekua-saan penaklukan-Mu;
dengan perantaraan kece-patan datangnya pertolongan-Mu; dengan
peranta-raan kecemburuan-Mu bagi pelanggaran terhadap
larangan-larangan-Mu; dengan perantaraan perlin-dungan-Mu terhadap orang
yang memohon perlindungan dengan ayat-ayat-Mu, kami memohon kepada-Mu,
Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Yaa Sami’ (Wahai Yang Maha Mendengar), Ya
Qariib (Maha Dekat), Ya Mujib (Pengabul doa), Ya Sari’ (Maha Cepat), Ya
Muntaqimu (Penuntut Balas), ya Qahhar (Maha Perkasa), wahai Yang Keras
siksaan-Nya, wahai Maha Kuasa, wahai Yang Agung penundukan-Nya, wahai
Dzat Yang penaklukan para penguasa tidak mampu melumpuhkan-Nya dan tidak
sulit atas-Nya menghancurkan orang yang durhaka dari kalangan para raja,
kaisar dan musuh yang kurangajar. Aku memohon kepada-Mu, kiranya Engkau
jadikan persekongkolan orang yang bermaksud jahat kepada kami
mengakibatkan ia terbantai sendiri, (jadikan) kemakaran orang yang makar
kepada kami kembali kepada dirinya,  (Jadikan) galian orang yang
menggali lubang untuk kami membuatnya jatuh sendiri kedalamnya. Dan
orang yang memasang jaring tipuan kepada kami, jadikan ia, wahai
Tuhanku,  terjerumus kedalamnya, binasa didalamnya dan menjadi
tawanannya.
.
اللَّهُمَّ بِحَقِّ كهيعص كهيعص كهيعص إِكْفِنَا هَمَّ الْعِدَا, وَلَقِّهِمُ الرَّدَى, وَاجْعَلْهُمْ لِكُلِّ
حَبِيْبٍ فِدَا, وَسَلِّطْ عَلَيْهِمْ عَاجِلَ النِّقْمَةِ فِى الْيَوْمِ وَاْلغَدَا,
.
Alloohumma bihaqqi kaaf haa yaa ‘aiin shaad, kaaf haa yaa ‘aiin shaad,
kaaf haa yaa ‘aiin shaad, ikfinaa hammal ‘idaa, walaqqihimur-radaa,
waj’alhum likulli habiibin fidaa, wasallith ‘alaihim ‘aajilan-niqmati
fil yaumi wal ghadaa.
.
Ya Allah! Berkat kebenaran Kaaf haa yaa ‘aiin shad (3x) tolonglah kami
dari maksudrencana musuh. Lemparkan mereka kedalam kebinasaan. Jadikan
mereka sebagai korban bagi setiap orang yang dicintainya. Kuasakan atas
mereka segera menda-patkan balasan pada hari ini dan esok.
.
اللّهُمَّ بَدِّدْ شَمْلَهُمْ وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ, اللّهُمَّ أَقْلِلْ عَدَدَهُمْ, اللّهُمَّ فُلَّ حَدَّهُمْ, اللّهُمَّ أجْعَلِ
الدَّائِرَةِ عَلَيْهِمْ, اللّهُمَّ أَرْسِلِ الْعَذَابَ إِلَيْهِمْ,
.
Alloohumma baddid syamlahum wafarriq jam’a-hum. Alloohumma aqlil
‘adadahum. Alloohumma fulla haddahum. Alloohummaj’alid-daa-irata
‘alai-him. Alloohumma arsilil ‘adzaaba ilaihim.
.
Ya Allah! Cerai beraikan persatuan mereka dan pisah-pisahkan
jamaahorganisasi mereka. Ya Allah! Sedikitkan jumlah mereka. Ya Allah!
Buatlah batas-batas (barisan) mereka menjadi kocar kacir. Ya Allah!
Jadikan lingkaranmelapetaka atas mereka. Ya Allah! Turunkan azab
siksaan kepada mereka.
.
اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُمْ عَنْ دَائِرَةِ الْحِلْمِ وَاللُّطْفِ, وَاَسْلُبْهُمْ مَدَدَ اْلإِمْهَالِ, وَغُلَّ أَيْدِيَهُمْ إِلَى
أَعْنَاقِهِمْ, وَارْبُطْ عَلَى قُلُوبِهِمْ, وَلاَ تُبَلِّغْهُمُ اْلآمَالَ,
.
Alloohumma akhrijhum ‘an daa-iratil hilmi walluthfi, waslubhum madadal
imhaali, waghulla aidiyahum ilaa a’naaqihim, warbuth ‘alaa qu-luubihim,
walaa tuballighhumul aamaal.
.
Ya Allah!Usirlah mereka dari kawasan sifat Penyantun dan
Kelamahlembutan-Mu. Rampaslah dari mereka bantuan keramahan. Kuncilah
tangan-tangan mereka pada leher-lehernya dan ikatlah pada hati-hati
mereka, serta jangan sampaikansukseskan angan-angan mereka.
.
اللَّهُمَّ قَلِّبْ  تَدْبِيْرَهُمْ, وَقَرِّر  تَدْمِيْرَهُمْ, وَاقْطَعْ  دَابِرَهُمْ, وَخُذْهُمْ أَخْذَ عَزِيْزٍ
مُقْتَدِرٍ,
.
Alloohumma qallib tadbiirahum, waqarrir tadmii-rahum, waqtha’
daabirahum, wakhudz-hum akh-dza ‘aziizin muqtadir.
.
Ya Allah! Ubahlah langkah mereka, tentukan penghancuran terhadap
mereka, berantaslah  mereka, dan siksalah mereka dengan siksaan yang
sangat pedih.
.
اللّهُمَّ مَزِّقْهُمْ كُلَّ مُمَزَّقٍ مَزَّقْتَهُ لأَعْدَائِكَ, إِنْتِصَارًا ِلأَنْبِيَائِكَ وَرُسُلِكَ وَأَوْلِيَائِكَ,
.
Alloohumma mazziqhum kulla mumazzaqin mazzaqtahuu li-a’daa-ika,
intishaaran li-anbiyaa-ika warusulika wa auliyaa-ika.
.
Ya Allah! Cabik-cabiklah mereka, sebagaimana Engkau mencabik-cabik para
muruh-Mu untuk membantu para Nabi, Rasul dan auliya’-Mu.
.
اَللَّهُمَّ انْتَصِرْلَنَا اِنْتِصَارَكَ  ِلأَحْبَابِكَ عَلَى أَعْدَائِكَ (3×).
.
Alloohummantashir lanantishaaraka li-ahbaabi ka ‘alaa a’daa-ika (Dibaca
3 x).
.
Ya Allah! Menangkanlah kami, seperti kemenangan yang Engkau berikan
kepada para kekasih-Mu.
.

اللَّهُمَّ لاَ تُمَكِّنِ اْلأَعْدَاءَ فِيْنَا وَلاَمِنَّا, وَلاَ تُسَلِّطْهُمْ عَلَيْنَا بِذُنُوبِنَا (3×),
.
Alloohumma laa tumakkinil a’daa-a fiinaa walaa minnaa, walaa
tusallith-hum ‘alainaa bidzunuu-binaa (Dibaca 3 x).
.
Ya Allah! Jangan Engkau kokohkan para musuh pada kami dan dari kami dan
jangan Engkau berikan kekuasaan pada mereka untuk menguasai kami
disebabkan dosa-dosa kami.
.

حم حم حم حم حم حم حم.  حُمَّ  اْلأَمْرُ وَجَاءَ النَّصْرُ فَعَلَيْنَا لاَ يُنْصَرُونَ (7×).
.
Haamiim, Haamiim, Haamiim, Haamiim, Haa-miim, Haa miim, Haa miim. 
Hummal-amru wa jaa-annashru fa’alainaa laa yunsharuun (7x).
.
Haa miim (7x). Telah ditakdirkan suatu urusan dan telah datang
pertolongan, sehingga mereka tidak mampu mengalahkan kami.
.
حمعسق حِمَايَتُنَا مِمَّا نَخَافُ, اَللَّهُمَّ بِحَقِّ طَهَ وَقَافِ, وَسُورَةِ اْلأَحْقَافِ, بِلُطْفِكَ يَاخَفِيَّ
اْلأَلْطَافِ, نَجِّنَا مِمَّا نَخَافُ,
.
Haa miim ‘aiin siin qaaf himaayatunaa mimmaa nakhaafu. Alloohumma
bihaqqi thaahaa wa qaaf wa suuratil-ahqaaf, biluthfika yaa khafiyyal
al-thaaf, najjinaa mimmaa nakhaaf.
.
Haa miim ‘aiib siin qaaf adalah perlindungan kami dari apa saja yang
kami takuti. Ya Allah! Berkat Thaha, Qaf dan surat al-Ahqaf, berkat
kelemah-lembutan-Mu, wahai Yang Samar kelemah lembutannya, Selamatkan
kami dari apa saja yang kami takuti.
.
اللّهُمَّ قنِاَ شَرَّ اْلأَسْوَى, وَلاَ تَجْعَلْنَا مَحَلاًّ لِلْبَلْوَى, اللّهُمَّ أَعْطِنَا أَمَلَ الرَّجَاءِ وَ
فَوْقَ اْلأَمَلِ,
.
Alloohumma qinaa syarral aswaa, walaa taj’a-lnaa mahallan lilbalwaa.
Alloohumma a’thinaa amalar-rajaa-i wafauqal amal.
.
Ya Allah Lindungi kami dari kejahatan yang paling buruk dan jangan
Engkau jadikan kami sebagai tempat sasaran balak-bencana. Ya Allah!
Anugerahilah kami pengharapan dan di atas harapan.
.
يَاهُوَ يَاهُوَ يَاهُوَ, يَامَنْ بِفَضْلِهِ لِفَضْلِهِ نَسْئَلُكَ, إِلَهِى الْعَجَلَ الْعَجَلَ الْعَجَلَ, إِلَهِى
اْلإِجَابَةَ  اْلإِجَابَةَ اْلإِجَابَةَ,
.
Yaa huu, Yaa huu, Yaa huu, Yaa man bifadhlihii lifadhlihii nas-al,
ilaahil’ajalal ‘ajal, ilaahil ijaabatal ijaabatal ijaabah.
.
Wahai Dia, wahai Dia, wahai Dia! Wahai Dzat yang dengan kelebihan-Nya
bagi kelebihan-Nya, kami memohon, wahai Tuhanku, segera (kabulkan),
segera (kabulkan), segera (kabulkan). Tuhanku, semoga terkabul, semoga
terkabul, semoga terkabul.
.
يَامَنْ أَجَابَ نُوحًا فِى قَوْمِهِ, يَامَنْ نَصَرَ إِبْرَاهِيْمَ عَلَى أَعْدَائِهِ, يَامَنْ رَدَّ يُوسُفَ عَلَى
يَعْقُوبَ, يَامَنْ كَشَفَ الضُّرَّ عَنْ أَيُّوبَ, يَامَنْ أَجَابَ دَعْوَةَ زَكَرِيَّا, يَامَنْ قَبِلَ تَسْبِيْحَ يُونُسَ
ابْنِ مَتَّى,
.
Yaa man ajaaba nuuhan fii qaumih. Yaa man nashara Ibraahiima ‘alaa
a’daa-ih. Yaa man radda yuusufa ‘alaa ya’quub. Yaa man kasyafadh-dhurru
‘an ayyuub. Yaa man ajaaba da’wata zakariyyaa. Yaa man qabila tasbiiha
yuunusabni matta.
.
Wahai Dzat Yang mengabulkan doa Nabi Nuh dalam masalah kaummnya. Wahai
Tuhan Yang menolong Nabi Ibrahim atas para musuhnya. Wahai Tuhan Yang
mengembalikan Nabi Yusuf kedalam pangkuan Nabi Ya’qub. Wahai Tuhan Yang
menghilangkan penderitaan (bahaya) dari Nabi Ayyub. Wahai Tuhan Yang
mengabulkan doa Nabi Zakariyya. Wahai Tuhan Yang menerima tasbihnya Nabi
Yunus bin Matta.
.
نَسْئَلُكَ اللَّهُمَّ بِأَسْرَارِ أَصْحَابِ هَذِهِ الدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ, أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنَّا مَابِهِ
دَعَوْنَا, وَأَنْ تَعْطِيَنَا مَاسَأَلْنَاكَ, أَنْجِزْ لَنَا وَعْدَكَ الَّذِى وَعَدْتَهُ لِعِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ,
بِالنَّصْرِ وَالظَّفَرِ وَالْفَتْحِ الْمُبِيْنَ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتَ مِنَ الظَّالِمِيْنَ,
.
Nas-alukalloohumma bi-asraari ashhaabi haadzihid-da’awaatil
musta-jaabaat, an tataqab-bala minnaa maa bihii da’aunaaka, wa an
tu’thiyanaa maa sa-alnaaka, anjiz lanaa wa’dakalladzii wa’adtahuu
li’ibaa-dikas-shaali-hiin, binnashri wazh-zhafari walfat-hil mubiin. Laa
ilaaha illaa anta sub-haanaka innii kuntu minazh-zhaalimiin.
.
Kami memohon kepada Engkau, Ya Allah, dengan perantaraan berbagai
rahasia para pendoa yang terkabul tersebut, kiranya Engkau menerima dari
kami apa saja yang kami mintakan kepada-Mu dan kiranya Engkau memberikan
kepada kami apa saja yang kami mohonkan kepada-Mu. Wujudkan untuk kami
janji-Mu yang telah Engkau janjikan kepada para hamba-Mu yang shalih,
janji berupa bantuan, pertolongan dan kemenangan yang gemilang. Tiada
Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Aku sungguh termasuk golongan
orang-orang yang zhalim.
.

إِنْقَطَعَتْ آمَالُنَا وَعِزَّتِكَ إلاَّ مِنْكَ, وَخَابَ رَجَاؤُنَا وَحَقِّكَ إلاَّ فِيْكَ (3×)

Inqatha’at aamaalunaa wa’izzatika illaa minka, wakhaaba rajaa-unaa
wahaqqika illaa fiika (3 x).
Terputus angan-angan kami, Demi Kemuliaan-Mu, selain yang berasal
dari-Mu. Gagal harapan kami, Demi Hak-Mu, selain yang ada pada-Mu.
.
إِنْ أَبْطَأَتْ غَارَةَ اْلأَرْحَامِ وَابْتَعَدَتْ 
فَأَقْرَبُ الشَّيْئِ مِنَّاغـَارَةُ الَّلهِ
.
In abtha-at ghaaratul arhaami wabta’adat  Fa-aqrabus-syai-i minna
ghaaratullooh
.
Jika terlambat dan menjadi jauh pasukan kerabat, maka sesuatu yang
paling dekat dari kami adalah pasukan Allah.
.
يَاغَارَةَ اللهِ  جِدِّى السَيْرَ مُسْرِعـَةً 
فىِ حَلِّ عُقْدَتِنَا يَاغَـارَةَ اللهِ
عَدَتِ  الْعَـادُونَ وَجـــَارُوا 
وَرَجــَوْنَا اللهَ مُجِــيْرًا
وَكَــــفَى  بِاللهِ وَلِـــيًّا 
وَكَـــفَى بِاللهِ نَصِـيْرًا
.
Yaa ghaaratalloohi jiddis-saira musri’atan  Fii halli ‘uqdatinaa yaa
ghaaratallooh.
‘Adatil ‘aaduuna wajaaruu  Warajaunallooha mujiiraa.
Wakafaa billaahi waliyyaa  Wakafaa billaahi nashiiraa.
.
Wahai Pasukan Allah, bergegas-gegaslah bergerak secara cepat, didalam
mengurai tali simpul kami, wahai pasukan Allah
Telah kembali dan berlari orang-orang yang kembali, dan kami berharap
kepada Allah sebagai orang yang lari.
Cukuplah Allah sebagai Pelindungku. Dan cukup Allah sebagai Penolongku.
.
يَاوَاحِدُ يَاعَلِىُّ يَاحَلِيْمُ, وَحَسْبُنَا الَّلهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ, وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالَّلهِ
الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, سَلاَمٌ عَلَى نُوحٍ فِى الْعَالَمِيْنَ, إِسْتَجِبْ لَنَا آمِيْن آمِيْن آمِيْن.
.
Yaa waahidu yaa ‘aliyyu yaa haliimu, hasbunalloohu wani’mal wakiil.
Walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim. Salaamun
‘alaa nuhin fil ‘aalamiin. Istajib lanaa aamiin aamiin aamiin.
.
Wahai Yang Maha Esa, wahai Yang Maha Tinggi, wahai Yang Maha
Penyantun!  Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah
sebaik-baik Pelindung. Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan
pertolongan Allah. Salam sejahtera atas Nabi Nuh di alam semesta.
Kabulkan doa kami. Amin. Amin. Amin
.
فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ الَّذِينَ ظَلَمُوا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.  وَصَلىَّ اللَّهُ عَلىَ
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ  سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ, وَعَلَىآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
.
Faquthi’a daabiral qaumilladziina zhalamuu fa-ashbahuu laa yuraa illaa
masaakinuhum, walham-dulillaahi rabbil ‘aalamiin. Wa shallalloohu ‘alaa
sayyidinaa muhammadin sayyidil mursaliin, wa’alaa aalihii washahbihii
ajma’iin.
.
Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya.
Sehingga jadilah mereka tidak diperlihatkan selain tempat-tempat tinggal
mereka Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
Semoga Allah melimpahkan rahma ta’zhim kepada junjungan kami, Muhammad
yang menjadi penghulu para Rasul, beserta keluarga dan sahabatnya
seluruhnya.
.
.
اللّهُمَّ أَنْتَ تَعْلَمُ أَعْدَائَنَا عَدَدًا, فَبَدِّدْ شَمْلَهُمْ بِدَدًا, وَلاَ تُبْقِ مِنْهُمْ أَحَدًا, إِنَّكَ
أَنْتَ الْبَاقِى سَرْمَدًا.
.
Alloohumma anta ta’lamu a’daa-anaa ‘adadaa, fabaddid syamlahum bidadaa,
wala tubqi minhum ahadaa, innaka antal baaqii sarmadaa.
.
Ya Allah! Engkau mengetahui pusuh-musuh kami berbilang-bilang, cerai
beraikan persatuan mereka dengan sungguh-sungguh dan jangan Engkau
sisakan dari mereka seorang pun, karena Engkau adalah Dzat Yang Maha
Kekal abadi.
.
.
وَمَكَرُوا مَكْرًا وَمَكَرْنَا مَكْرًا وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ. فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ مَكْرِهِمْ أَنَّا
دَمَّرْنَاهُمْ وَقَوْمَهُمْ أَجْمَعِينَ. فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ خَاوِيَةً بِمَا ظَلَمُوا.
.
Wamakaruu makran wamakarnaa makran wa hum laa yasy’uruun. Fanzhur kaifa
kaana ‘aaqi-batu makrihim annaa dammarnaahum wa qauma-hum ajma’iin.
Fatilka buyuutuhum khaawiyatan bimaa zhalamuu.
.
Dan merekapun merencanakan makar dengan sungguh-sungguh dan Kami
merencanakan makar (pula), sedang mereka tidak menyadari. Maka
perhatikanlah betapa sesungguhnya akibat makar mereka itu, bahwasanya
Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya. Maka itulah
rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. (QS
an-Naml : 50).
.
.
تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِأَمْرِ رَبِّهَا فَأَصْبَحُوا لاَ يُرَى إِلَّا مَسَاكِنُهُمْ .
.
Tudammiru kulla syai-in bi-amrirabbihaa fa-ashbahuu laa yuraa illaa
masaakinuhum. 
.
Yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, maka
jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas)
tempat tinggal mereka. (QS al-Ahqaf : 25).
.
فَهَلْ تَرَى لَهُمْ مِنْ بَاقِيَةٍ. وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَى عُرُوشِهَا. فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ الَّذِينَ ظَلَمُوا
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
.
Fahal taraa lahum min baaqiyah. Wahiya khaawiyatun ‘alaa ‘uruu-syihaa.
Faquthi’a daabirul qaumilladziina zhalamuu walhamdu lillaahi rabbil
‘aalamiin.
.
Maka kamu tidak melihat seorangpun yang tinggal di antara mereka. (QS
al-Haaqqah : 8).
Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya.
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. (QS al-An’am : 45).
.
.
PENJELASAN :
.
Hizib di atas dibaca sekali atau tiga kali setelah sebelumnya didahului
membaca hasbanah: Hasbunalloohu wa ni’mal wakiil sebanyak 450 x.
Jika menghadapi problem atau masalah yang serius, penting dan mendesak,
Hizib di atas dapat dibaca sampai 41 kali, setelah sebelumnya membaca
Hasbanah sepeerti di atas.
Demikian pula sewaktu menghadapi persoalan dan urusan sangat penting,
serius dan mendesk, bacalah Hasbanah 100x, lalu membaca hizib Nashr
3x, lalu membaca Hasbanah lagi 100 x, diteruskan bacaan hizib 3 x.
Begitu seterusnya sampai Hasbanah dibaca  sebanyak 1000 x dan Hizib
menjapai jumlah 30 x.
Sebelum mengamalkan hizib ini, hendaknya didahului dengan bacaan : 1)
Istighfar,   2) Shalawat Nabi
.
) Teks Doa diambil dari kitab asli berbahasa arab : "Khulashoh
Syawariq al-Anwar" (KSA), tulisan Prof. DR. Sayyid Muhammad Alawi
Al-Maliki Al-Hasani
.
.
VERSI PAKAI PUASA
.
– Untuk meminta rizki yang banyak.
– Untuk mengeluarkan orang yang ditawan.
Cara mengamalkannya :
– Dipuasai puasa bila ruh selama 7 hari dimulai pada tanggal 1 atau 15 Qomariyah dan pada akhir puasa patigeni ( tidak boleh tidur selama sehari semalam ) tapi pada malam harinya Anda boleh makan dan minum. Kemudian pada pagi harinya Anda selamatan nasi disertai telur ayam paling sedikitnya 7 butir. Dan sebelum Anda memulai puasa, sebaiknya Anda mandi keramas terlebih dahulu pada hari pertama puasa.
– Selama puasa pada tengah malam Anda shalat Taubat, shalat Hajat Khusus, dilanjutkan silsilah kepada :
ﺍِﻟﻰَ ﺣَﻀَﺮَﺓِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ ﺍْﻟﻤُﺼْﻄَﻔَﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢْ َﺍْﻟﻔَﺎﺗِﺤَﺔْ …….
– ILAA HADROTIN NABIYYIL MUSHTHOFAA MUHAMMAD SHOLALLAAHU ‘ALAIHI WASSALAM AL FATIHAH…….
ﺧُﺼُﻮْﺻًﺎ ﻫَﺪِ ﻳَﺔً ﺍِﻟَﻰ ﺭُﻭْﺡِ ﺷَﻴﺦْ ﺍِﻣَﺎﻡْ ﺣَﺒِﻴْﺒِﻰْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ْﺑﻦِ ﻋَﻠَﻮِﻯ ﺍِﺑْﻦِ ﻣُﺤَﻤَّﺪْ ﺍْﻟﺤَﺪ َﺩِ ﺑَﻌَﻠَﻮِﻯ َﻧﻔَﻌَﻨَﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ﺑِﻪِ ﺁﻣﻴﻦْ َﺍْﻟﻔَﺎﺗِﺤَﺔْ …..
– KHUSHUUSHON HADIYYATAN ILAA RUUHI SYAIKHI IMAM HABIBI ABDILLAHIBNI ALWIBNI MUHAMMAD AL HADADI BA’ALAWI NAFAANNALLAH BIHI AMIN AL FATIHAH…….
ﺛُﻢَّ ﺍِﻟﻰَ ﺣَﻀَﺮَﺓِ ﺍَﺭْﻭَﺍﺡِ ﺷَﻴْﺨِﻨَﺎ ﻭَﺍُﺳْﺘَﺎﺫِﻧَﺎ ﻭَﺟَﻤِﻴْﻊِ ﺍْﻟﻤُﺴْﻠِﻤِﻴﻦَ ﻭَﺍْﻟﻤُﺴْﻠِﻤَﺎﺕْ ﻭَﺍْﻟﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ ﻭَﺍْﻟﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕْ ﺍَﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔْ …….
– TSUMMA ILAA HADHROTI ARWAHI SYAIKHINA WA USTADZINAA WA JAMI’IL MUSLIMINA WAL MUSLIMAATI WAL MU’MININA WAL MU’MINATI AL FATIHAH……..
dan membaca amalannya sebanyak 3 saja selama sehari semalam.
– Dan setelah selesai puasanya amalan hizib ini dibaca 1 x secara istiqomah selama 100 hari kemudian untuk seterusnya cukup dibaca setiap hari Jum’at saja.
.
TIDAK PAKAI PUASA JUGA TIDAK APA APA

🙏🙏🙏wasalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GARIS KETURUNAN ARAB

Suku Arab-Indonesia adalah penduduk Indonesia yang memiliki keturunan etnis Arab dan etnis pribumi Indonesia. Pada mulanya mereka umumnya ...